Kue Timpan Aceh

Kue Timpan Aceh

www.resepmasakankhas.com

Waktu Memasak
n/a
Porsi
1
Kalori
n/a

Langkah Memasak

Langkah 1
Langkah pertama, Membuat adonan kulit : Campurkan semua bahan dasar dengan cara aduk tepung ketan beserta pisang yang telah dihaluskan serta jangan lupa masukkan santan beserta air kapur dan garam sampai tercampur dengan rata. Setelah itu anda sisihkan sementara
Langkah 2
Selanjutnya, Membuat isi : Kocok telur dan gula sampai kental dengar mixer atau sejenisnya (pada umumnya ibu ibu di Aceh meremasnya dengan menggunakan tangan jika tidak mempunyai mixer) lalu masukkan tepung terigu beserta santan kental. Kemudian aduk sampai rata dan tambahkan nangka masak (yang sebelumnya sudah dicincang kecil-kecil) dan kelapa muda parut halus lalu anda beri daun pandan. Kemudian masak hingga kental, setelah itu angkat dan beri vanilli lalu anda aduk rata lagi. Setelah matang, kemudian dinginkan dan gunakan nantinya sebagai isi kue timpan.
Langkah 3
Terakhir, ambil daun pisang muda yang sebelumnya telah dipotong–potong sesuai dengan satu ukuran kue timpan. Lalu olesi dengan menggunakan minyak, kemudian tipiskan adonan kulit tadi di atas daun. Setelah itu beri adonan isi lalu digulung dan dibungkus, setelah itu kukus sampai matang selama sekitar kurang lebih kurang 10 menit. Kemudian setelah matan, kue timpan buatan anda siap untuk disajikan.

Bahan

    Tepung ketan 200 gr
    Pisang raja dihaluskan 250 gram
    Santan kental 2 sdm
    Garam1/4 sdt
    Air kapur sirih 1 sdm
    Bahan Isi:
    Nangka masak cincang kecil 25 gr
    Telur ayam 2 butir
    Santan kental 50 ml
    Gula pasir 100 gr
    Kelapa muda parut halus 50 gr
    Tepung terigu ½ sdt
    Daun pandan 1 lembar
    Vanilli ¼ sdt.

Label

Bagikan Resep

Resep lainnya yang sama