Kluban / Urap

Kluban / Urap

Oleh Nova Wulansari, Salah satu makanan yang lumayan sulit dapetnya kalo beli. Jadi lebih sering bikin sendiri. Enak banget dimakan pake nasi anget pulen sama telor rebus.

Waktu Memasak
45 Menit
Porsi
6- 7 Orang
Bookmark
6

Informasi dari Cookpad

726.741 Resep

Langkah Memasak

Langkah 1
Cuci bersih semua sayur sayuran, daun pisangnya juga dicuci lalu dilap sampai kering
Langkah 2
Uleg bawang putih sama kencur yang udah dikupas, tambahkan cabe rawit, gula jawa, garam, uleg sampai halus, lalu tes rasa
Langkah 3
Kalo rasanya udah pas, bumbu yang udah diuleg halus dicampur dengan parutan kelapa. Campur hingga rata ya
Langkah 4
Setelah itu siapkan daun pisang yang cukup besar buat bungkus semua bumbu dalam 1 bungkusan. Kalo gak mau dibikin dalam 1 bungkusan juga gak papa
Langkah 5
Lalu kukus menggunakan panci kukusan yang airnya udah mendidih. Kukus kurang lebih 15-20 menit, atau sampai daun pisangnya bener bener layu dan berubah warna coklat
Langkah 6
Sambil mengukus bumbu, rebus semua sayuran. Lalu sisihkan
Langkah 7
Jika bumbu sama sayuran udah mateng, tinggal ambil sesuai yang kalian inginkan, campur rata, tambahkan potongan telur rebus, lalu makan deh
Langkah 8
Kalo yang doyan, sebenernya bumbunya dikasih ikan teri juga enak. Berhubung aku gak terlalu doyan ikan teri, jadi lebih sering nggak aku kasih kalo bikin Kluban

Bahan

    Bahan Bumbu:
    1 buah kelapa yang masih muda, parut
    5 siung bawang putih
    2 ruas jari kencur
    13 buah cabe rawit merah (sesuaikan selera pedas kalian)
    3 keping gula jawa (sesuaikan selera manis kalian)
    2 sdt garam
    Daun pisang untuk membungkus
    Secukupnya air untuk mengukus
    Bahan Utama:
    Kol
    Kacang panjang
    Taoge
    Telor rebus
    Secukupnya air untuk merebus

Label

Bagikan Resep

Resep lainnya yang sama

Kluban urap

Kluban urap

30 Menit
Cookpad
Kluban /urap sayur

Kluban /urap sayur

n/a
Cookpad
Sayur urap/kluban

Sayur urap/kluban

n/a
Cookpad
Urap A.K.A Kluban

Urap A.K.A Kluban

n/a
Cookpad
Bumbu urap / kluban / gudangan

Bumbu urap / kluban / gudangan

n/a
Cookpad
Kluban urap sayur lengguk

Kluban urap sayur lengguk

n/a
Cookpad
Kluban

Kluban

n/a
Cookpad
Kluban a.k.a Urap Jawa Khas Pekalongan

Kluban a.k.a Urap Jawa Khas Pekalongan

10 Menit
Cookpad