Sop ikan alias

Sop ikan alias "pindang lauk"

Oleh mira nurmayanti, Kalo di Pangandaran namanya pindang lauk ato pindang gunung.. aku tuh sukaaa banget sm temen nasi yg satu ini, kebetulan kemarin hbs belanja ikan "hun kue" kata si emang ikannya.. jd dieksekusi deh td siang ikannya..

Waktu Memasak
20 Menit
Porsi
3 Porsi
Bookmark
0

Informasi dari Cookpad

726.741 Resep

Langkah Memasak

Langkah 1
Goreng ikan (jangan terlalu kering), angkat...sisihkan
Langkah 2
Didihkan air kemudian masukan bumbu halus, daun salam sm daun jeruk juga tomat sekitar 3 menitan
Langkah 3
Setelah itu masukan ikannya..masak sekitar 5 menitan krn ikan sudah matang (ikan digoreng dulu mencegah supaya ikan tidak ancur)..
Langkah 4
Tes rasa, jika kurang garam...tambahkan lagi dan masukan daun kemanginya kurleb 3 menitan
Langkah 5
Angkat sayur...sop ikan atau pindang gunung kalo kata orang pangandaran, siap disantap...
Langkah 6
Kalau pasakan asli pangandaran sih ga pke kemangi,daun jeruk sama tomat... aku pakein daun jeruk dan kemangi biar wangi...trs tomatnya sbg pengganti daun kedondong/honje

Bahan

    3 ptong ikan hun kue (bisa diganti sama yg ikan lain), bersihkan
    500 ml air
    3 lembar daun salam
    3 lembar daun jeruk
    3 buah tomat hijau, potong2
    bumbu halus :
    3 butir bawang merah
    2 butir bawang putih
    10 butir cabe rawit
    2 ruas jari kunyit
    1 ruas jari jahe
    1 ruas jari terasi
    1/2 ruas jari gula merah
    secukupnya garam
    secukupnya penyedap bila suka
    1 ikat kemangi

Label

Bagikan Resep

Resep lainnya yang sama

SOP BAYAM TAHU

SOP BAYAM TAHU

20 Menit
Cookpad
Sop Pindang Ikan

Sop Pindang Ikan

n/a
Cookpad
Krengsengan ikan asin / pindang

Krengsengan ikan asin / pindang

30 Menit
Cookpad
Brengkes pindang ikan mujair

Brengkes pindang ikan mujair

n/a
Cookpad
Brengkes Pindang (Pepes Ikan Pindang/Cue)

Brengkes Pindang (Pepes Ikan Pindang/Cue)

n/a
Cookpad
Pindang ikan mas

Pindang ikan mas

n/a
Cookpad
Pepes Ikan Pindang

Pepes Ikan Pindang

n/a
Cookpad
Sop/pindang ikan patin

Sop/pindang ikan patin

n/a
Cookpad